Sejarah TV Yang Perlu Kalian Ketahui

Sejarah TV lengkap
Sejarah TV Lengkap Dari Awal Sampai Akhir




Banyak sekali penemuan di zaman dahulu yang sudah tidak lagi digunakan. Namun, TV menjadi penemuan yang sampai sekarang tetap ada. Bahkan, dalam sejarah TV, selalu ada inovasi yang dilakukan sehingga TV kini semakin modern dan sesuai dengan yang diinginkan sebuah masyarakat.
Sekitar 10 tahun yang lalu.

 TV layar datar seperti saat ini sangat jarang sekali yang punya. Pada waktu itu, masih banyak yang menggunakan TV tabung. 

Namun, apakah Anda tahu seperti apa TV generasi paling awal?




Ide Awal Di Balik Penemuan TV


Pembuatan sebuah TV berasal dari ide mengenai bagaimana gambar bisa dipindai. Ide itu muncul pada tahun 1881. Tidak ada yang tahu pasti siapa yang memulai. Akan tetapi, para ilmuan pada waktu itu sudah memiliki ide untuk meminda gambar.

Pada saat itu, sebenarnya teknik pemindaian gambar sudah dilakukan. Mekanisme yang digunakan disebut dengan mekanisme pendulum. Mekanisme ini yang digunakan untuk membuat mesin fax atau faksimili.

Dengan gabungan teknologi elektronik, mekanik, dan optik, TV berhasil dibuat. Paul Gottlieb Nipkow pada tahun 1884 mematenkan sistem TV elektromekanik. Pada waktu itu, ia adalah seorang mahasiswa yang usinya baru 23 tahun. Pada waktu itu, TV mampu merekam serta menampilkan gambar. Itulah yang kemudian lebih dikenal dengan TV.


Perubahan Signifikan Terjadi Pada TV


Pada saat itu, masih ada kekurangan dari teknologi yang digunakan untuk membuat TV. Yaitu teknologi belum bisa merekam gambar yang bergerak. Hingga pada suatu saat, John Logie Baird asal Skotlandia menemukan bagaimana cara agar bisa memancarkan gambar yang bergerak. 

Ia membuat sebuah cakram yang pada waktu itu mampu memancarkan wajah manusia. Pada saat itulah TV yang menggunakan mekanik mulai ditinggalkan.

Perkembangan yang begitu signifikan terjadi lagi pada tahun 1926. Pada saat itu, ada seorang ilmuan yang bernama Kalman Tihanyi yang membuat revolusi TV. Ilmuan asal Hungaria tersebut membuat rancangan sistem TV yang mampu melakukan dua hal, yaitu memindai dan menampilkan gambar.

Satu tahun berselang, ilmuan dari Rusia, Leon Theremin mampu membuat sistem yang bisa menampilkan gambar dengan rasio 100 baris. Ini perkembangan yang sangat signifikan mengingat sebelumnya sistem yang dibuat oleh penemu lainnya hanya mampu membuat gambar dengan resolusi 30 baris saja.

Yang menakjubkan di dalam sejarah TV adalah ketika TV dijual di pasaran. Pada tahun 1928, kotak TV elektromekanik mulai dijual secara massal. Pada waktu itu, masyarakat di negara Amerika Serikat, Inggris, dan juga Rusia yang banyak membeli. TV penemuan Baird inilah yang pertama kali dijual ke masyarakat luas.

Pada tahun 1934, ditemukan TV dengan tabung sinar katode. Ini TV yang diproduksi secara massal oleh Telefunken, sebuah perusahaan dari Jerman. Lalu, beberapa perusahaan di negara lain juga memproduksi TV dengan teknologi yang sama.

TV menjadi begitu popular setelah Perang Dunia II berakhir. Saat ini, masyarakat sudah mulai berganti dari mendengarkan radio berubah menonton TV. Berbagai hal yang biasanya disiarkan di radio bisa dinikmati di TV.

Tahun 1950, sudah ada produsen yang mampu memproduksi TV berwarna. Hanya saja, hanya beberapa masyarakat saja yang mampu membeli TV berwarna. Saat itu, harga TV berwarna masih sangat mahal. Kebanyakan masyarakat menggunakan TV hitam putih.
Baru pada tahun 1960an, banyak orang yang menggunakan TV berwarna. Mereka menganggap TV hitam putih sudah ketinggalan zaman. Mereka mulai mengganti TV hitam putih mereka dengan TV berwarna.

Tahun 1970, ada perkembangan teknologi yang diterapkan pada TV, yaitu teknologi VCR. Ini singkatan dari video cassette recorder, sebuah teknologi yang bisa digunakan untuk merekam siaran TV. Jadi, pada saat itu, para penemu tidak lagi berkutat pada bagaimana memindai gambar tapi bagaimana siaran TV bisa direkam.

Dalam sejarah TV, para penemu terus mencoba melakukan penyempurnaan dalam hal gambar yang ditampilkan pada layar TV. Hingga akhirnya ada penemuan teknologi yang disebut dengan CRT atau Cathode-Ray Tubes. Teknologi ini membuat TV menampilkan gambar lebih jelas dan warna lebih jernih. Ini sudah ada di tahun 1990-an.

Dalam perkembangannya, ukuran TV semakin besar. Seharusnya, ketika TV semakin besar, maka gambar yang ditampilkan semakin kurang bagus. Namun, ini bisa diantisipasi dengan adanya teknologi Rear Projection CRT. Ini membuat TV bisa dibuat dengan ukuran besar. Terdapat proyektor dan layar digabungkan di dalam satu kotak. Proyektor berperan memproyeksikan gambar ke layar bagian belakang.

TV tidak lagi terlihat gemuk. Ada TV plasma yang pertama kali dijual ke masyarakat pada tahun 1997. Lalu muncul TV LCD dan sekarang TV LED. Teknologi terus dikembangkan agar kualitas gambar yang ditampilkan pada TV semakin bagus.



Itulah sejarah TV yang tidak banyak orang perhatikan. Dan setelah tahu perkembangan sejarahnya, Anda mungkin bisa menebak seperti apa perkembangan teknologi TV di masa depan.


Tidak ada komentar untuk "Sejarah TV Yang Perlu Kalian Ketahui"