Sejarah Pesawat Bermula Dari Khayalan Da Vinci


Tidak banyak yang tahu ternyata sejarah pesawat terbang itu bermula dari apa yang dilakukan oleh orang biasa. Ada dua orang bersaudara yang tidak menempuh pendidikan di universitas yang justru mampu membuat pesawat terbang. Mereka adalah Wilbur Wright dan Orville Wright. Kemudian mereka lebih dikenal dengan Wright Bersaudara.

Namun, apakah itu ide murni dari mereka berdua? Ternyata tidak. Mereka berdua terinspirasi dari pemikiran seorang da Vinci. Pada tahun 1483, da Vinci membuat sebuah sketsa yang sekarang mirip dengan helikopter. Pada waktu itu, da Vinci mengatakan jika sekrup dibuat dan dirancang dengan baik, maka sekrup bisa terbang ke angkasa.


Mengenal Wright Bersaudara


Wright Bersaudara ternyata bukanlah dua orang yang belajar di sebuah universitas. Namun, kedua orang ini dinobatkan menjadi penemu pesawat terbang.

Ketertarikan mereka berdua pada pesawat berawal dari sebuah hadiah yang diberikan oleh ayahnya. Ketika mereka masih belia, sang ayah memberikan mereka berdua hadiah berupa helikopter mainan buatan Alphonse Penaud. 

Ternyata, helikopter mainan tersebut terinspirasi dari imajinasi da Vinci yang kemudian juga menginspirasi Wright bersaudara membuat pesawat terbang.
Sejarah pesawat terbang begitu panjang. Wright Bersaudara mulai tertarik dengan buku yang membahas tentang mekanik. 

Sebelum membuat pesawat, mereka berdua juga membuat mesin cetak pada tahun 1892. Lalu mereka juga membuka toko sepeda serta menawarkan jasa perbaikan sepeda karena mereka memiliki kemampuan di bidang mekanik.

Pada tahun 1899, Wilbur berkirim surat kepada Smithsonian Institution. Dalam surat tersebut, Wilbur menjelaskan ketertarikannya tentang pesawat yang bisa terbang serta keyakinannya bahwa suatu saat nanti manusia bisa terbang dengan menggunakan pesawat.

Smithsonian Institution akhirnya memberikan respon. Wright Bersaudara mendapatkan kiriman beberapa buku rujukan yang membahas tentang aviasi. Inilah yang kemudian membuat Writer Bersaudara semakin sering membuat pesawat terbang.

Cerita Awal Sejarah Pesawat Terbang


Berkat buku dari Smithsonian Institution, Wright Bersaudara memulai misi mereka ingin membuat pesawat terbang. Mereka memulai dengan melihat meniru apa yang dilakukan oleh Lilienthal. Ia adalah pelopor pembuatan pesawat layang. 

Pada waktu itu, pesawat tersebut lebih popular dengan sebutan glider, yaitu pesawat layang tanpa mesin.Wright Bersaudara mempelajari apa yang dilakukan oleh Lilienthal. Mereka secara rinci mempelajari mekansime dan juga bagaimana aerodinamika bekerja. Hingga akhirnya mereka mampu menyempurnakan Glider. Mereka menambahkan sayap dengan lebar kurang lebih 20 kaki.

Dalam perkembangan sejarah pesawat terbang, beberapa versi Glider buatan mereka tidak membuat Writer Bersaudara puas. Selalu ada penyempurnaan di setiap versi Glider yang baru. Ilmu yang mereka terapkan dari Lilienthal hanya membuat pesawat memiliki daya angkat sebesar sepertiga saja.
Mereka berdua kemudian berpikir lebih keras.

 Kemudian, mereka membuat flight control atau pengendali pesawat. Dan pada waktu itu, sistem tersebut diterapkan pada 1902 Glider. Sistem pengendali ini membuat pesawat bisa terangkat lebih maksimal. Tepatnya pada tanggal 17 Desember tahun 1903, Wright Bersaudara berhasil menerbangkan pesawat terbang pertama kali di dunia.

Pada saat itu, Orville yang menjadi pilot. Pesawat terbang pertama kali di dunia tersebut berbahan bakar bensin. Pesawat mampu terbang di udara sekitar 12 detik dengan ketinggian 120 kaki.
Meskipun mereka berdua berhasil menerbangkan sebuah pesawat, mereka tidak secara resmi mengumumkan penemuannya tersebut.

Mereka mengerti bahwa masih ada kekurangan. Seperti contoh belum ada mesin yang cukup kuat untuk mendorong dan menerbangkan pesawat. Selain itu, belum ditemukan juga rangka yang mampu menahan guncangan ketika mendarat.

 Pada saat itu, Wright bersaudara bertekan untuk membuat sebuah sejarah pesawat, yaitu pesawat terbang yang benar-benar bisa diterbangkan dengan baik.


Klasifikasi Pesawat Terbang


Dari penemuan Wright Bersaudara itulah muncul penemu-penemu selanjutnya. Para ilmuan saling bergantian melakukan inovasi dan pembaharuan dari hasil luar biasa yang didapatkan oleh Writer Bersaudara. Misalnya saja Samuel F. Cody. Pada tahun 1910, ia melakukan akses menerbangkan pesawat di lapangan Famborough di Inggris.

Saat itulah masyarakat dunia tidak lagi menganggap pesawat terbang itu hal yang bersifat khayalan. Itu hal yang nyata. Pada perkembangannya, pesawat terbang semakin sempurna sehingga digunakan sebagai alat transportasi massal.

Dalam perkembangan sejarah pesawat, sekarang ini banyak sekali jenis pesawat terbang. Setidaknya, alat transportasi udara ini bisa diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi. Misalnya saja klasifikasi pesawat sipil.

Banyak yang tidak tahu jika pesawat sipil itu awalnya adalah zeppelin. Ini merupakan balon udara besar yang dianggap sebagai pesawat terbang sipil pertama karena bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang. Akan tetapi, sekarang pesawat sipil menjadi layaknya pesawat terbang seperti saat ini.

Pesawat sipil dibagi lagi menjadi beberapa kategori. Kategori ini dibuat berdasarkan jumlah penumpang yang mampu ditampung di dalam kabin pesawat. Ada Jumbo-Passenger-Jets, Mid-Size-Passenger-Jets, dan lain sebagainya.

Di sisi, ada juga klasifikasi pesawat angkut yang hanya didesain untuk mengangkut barang, pesawat militer, dan juga pesawat tempur untuk kebutuhan pertahanan negara.




Itulah sejarah pesawat terbang yang secara singkat bisa Anda pelajari. Saat ini, inovasi di dunai penerbangan terus dilakukan yang menitik-beratkan pada keselamatan penerbangan. Hal ini dilakukan mengingat keselamatan penerbangan di udara selalu menjadi sorotan.


Tidak ada komentar untuk "Sejarah Pesawat Bermula Dari Khayalan Da Vinci"