Sejarah Mobil Awalnya Bertenaga Uap Sekarang Mobil Listrik


Sekarang ini, banyak produsen otomotif yang berlomba-lomba membuat mobil listrik. Jika merunut pada sejarah mobil, saat ini mobil masuk ke dalam sebuah sejarah yang baru. Pasalnya, bahan bakar yang digunakan tidak lagi besin. Tidak ada juga mesin bertenaga uap.

Pada intinya, perkembangan teknologi mobil itu dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Dulu, hanya beberapa orang saja yang butuh mobilitas. Sekarang, hampir semua orang membutuhkan mobilitas. Inilah yang mendorong produsen membuat terus melakukan inovasi.


Sejarah mobil uang ke mobil listrik
Sejarah Mobil Pertama Kali


Penemuan Mobil Pertama Kali di Dunia

Menurut sejarah mobil, 1969 adalah tahun di mana mobil ditemukan pertama kali di dunia. Penemunya adalah seorang ilmuan dari Prancis bernama Nicolas J. Cugnot.
Jangan membayangkan mobil pertama di dunia tersebut memiliki tampilan yang sama dengan kebanyakan mobil saat ini.

 Karena pada saat itu mobil memiliki 3 roda. Bentuknya sangat besar dan mobil tersebut digerakkan dengan tenaga uap.

Setelah penemuanya tersebut, muncul lah beberapa ilmuan yang mencoba menyempurnakan. Pasalnya, mobil pertama kali di dunia tersebut masih sering mengalami masalah dan juga kecelakaan.
 
Pada abad ke 19, ada perkembangan yang signifikan. Ditemukan mobil yang mampu melaju hingga 20 km/jam. Mobil ini dibuat oleh Sir G. Gurnay.

 Namun, muncul lagi satu masalah baru. Karena bertenaga uap, ada risiko mobil meledak. Selain itu, mobil mengeluarkan asap yang menyebabkan polusi udara.

Hingga akhirnya banyak ilmuan yang mulai mencoba membuat mobil dari bahan bakar lain, yaitu bensin. Dan dalam sejarah mobil, Negara Jerman menjadi negara pertama yang mampu membuat mobil berbahan bakar bensin.

 Mobil ini jauh memiliki mesin yang tidak terlalu berisik dan uap yang keluar dari mesin tidak terlalu banyak. Mobil ini ditemukan oleh Carl Benz. Pada tahun 1879, ia mematenkan penemuan tersebut.
Selang beberapa tahun kemudian, semakin banyak mobil berbahan bakar mesin dengan tipe yang berbeda. 

Selain itu, mobil sudah mulai dipasarkan secara massal, tidak lagi hanya digunakan oleh negara atau pemerintah saja.



Mobil Dijual Massal Pertama di Dunia

Mobil pertama kali di dunia yang bertenaga uap sebenarnya hanya digunakan untuk mengangkut meriam di saat perang dunia. Dalam perkembangannya, mobil mulai bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu, yaitu orang yang berduit saja.

Pada tahun 1908, sejarah mobil baru dimulai. Pada saat itu, ada keinginan untuk menjual mobil secara massal. Jadi, tidak hanya kongklomerat saja yang bisa memiliki mobil tapi juga masyarakat umum.

Henry Ford adalah pendiri perusahaan Ford Motor Company. Pada saat itu, Ford lah yang mempelopori pembuatan mobil secara massal. Ford model T menjadi mobil pertama kali di dunia yang dipasarkan secara massal. 

Mobil ini pertama kali dijual pada tanggal 27 September 1908.
Proses perakitan dilakukan secara modern. Inilah yang membuat proses pembuatan satu buah mobil lebih cepat dan dengan biaya lebih murah. Hal ini membuat Ford mampu menjual mobilnya dengan harga yang terjangkau. 

Meskipun demikian, hanya kalangan menengah ke atas saja yang sanggup membeli pada waktu itu. Target market utama Ford saat itu adalah orang dengan status ekonomi menengah ke atas yang ada di Amerika.

Betuk mobil Ford model T ini mirip seperti gerobak yang ditarik oleh kuda. Ada dua roda di depan dan dua roda di belakang. Terdapat 3 pedal dan juga 1 setir seperti kebanyakan mobil pada saat ini.
Sayangnya, ada masalah di pertengahan jalan.

 Sejarah mobil tidak lepas dari sejarah dunia. Ketika terjadi perang dunia, industri otomotif terpaksa harus memproduksi mobil untuk keperluan perang. Hingga akhirnya muncul kendaraan militer seperti Jeep militer tahun 1940. Ini mobil yang sudah memiliki four wheel drive. Kendaraan ini sangat kuat sehingga mampu melaju di medan peperangan yang menanjak sekalipun.

Setelah perang berakhir, produsen mulai memproduksi mobil untuk keperluan masyarakat. Pada tahun 1950, ditemukan mobil dengan teknologi injeksi. Goliath GP 700 E Sports coupe menjadi mobil pertama kali yang menggunakan teknologi injeksi.

Tahun 60an, muncul lah mobil compact. Ini mobil yang sangat fungsional. Yang paling terkenal pada waktu itu adalah VW Beetle. Ini menjadi model mobil yang paling disukai masyarakat secara umum. Hingga akhirnya muncul lah mobil seri Corolla, Focus, dan juga Civic.

Pada tahun 70an hingga 80a, produsen mulai memikirkan pentingnya keselamatan berkendara. Saat itulah ditemukan sabun pengaman. Apalagi pada saat itu mesin yang ditanam di dalam kap mobil merupakan mesin yang sudah bisa membuat laju mobil cepat sekali. Oleh karena itu, sistem keamanan juga diperhatikan.

Pada tahun 2000an, isu yang muncul adalah karbondioksida yang keluar dari mobil. Ini sangat merusak udara. Hingga akhirnya para produsen membuat mesin yang efisien. Sebisa mungkin pembuangan karbondioksida mobil tidak berlebihan.



sejarah lengkap mobil listrik
Sejarah Mobil Dari Awal Sampai Akhir


Isu lingkungan semakin serius mengingat pengguna mobil semakin meningkat. Saat ini, sudah ada negara yang mengajak masyarakatnya untuk beralih menggunakan mobil listrik. Dan produsen mobil sekarang ini memang lebih fokus untuk memproduksi mobil listrik yang lebih ramah lingkungan.



Itulah sejarah mobil dari awal hingga saat ini. Di masa yang akan datang, orang akan mulai meninggalkan mobil berbahan bakar bensin dan beralih ke mobil listrik. Sama dengan zaman dahulu di mana mobil uap diganti dengan mobil bensin karena lebih ramah lingkungan. Sekarang, mobil listrik dianggap mobil yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil berbahan bensin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Mobil Awalnya Bertenaga Uap Sekarang Mobil Listrik"

Posting Komentar