[LENGKAP] Konsep Menulis Artikel SEO Friendly


Membuat Artikel SEO
Menulis Artikel SEO Friendly


Bungfajri.com – Pernahkah kalian mendengar ungkapan di kalangan blogger , bahwa konten adalah raja. Menurut saya bisa dikatakan begitu, akan tetapi ?

Eitss, Ya benar ada tetapi nya.

Artikel atau konten yang bisa dikatakan raja adalah konten yang berkualitas dan berbobot. Baik dari isi yang bermanfaat dan tentu nya membuat pengunjung nyaman untuk membaca artikel kita.

Lantas ada yang bertanya seperti ini ..

Bagaimana cara menulis artikel ? Jelaskan Maksud istilah seo friendly ? Cara membuat artikel seo friendly ? Cara menulis artikel SEO ?

Menurut saya untuk membuat atau menulis artikel seo friendly hanya membutuhkan waktu saja, membuat diri senyaman mungkin itulah kuncinnya.

Jangan hanya berpaku pada kuantitas akan tetapi berpakulah pada kualitas dari artikel yang akan kalian buat dan publish.

Ketika kita sudah merasakan nyaman dan pikiran yang tenang , maka akan membuat hasil tulisan kita lebih berkualitas .

Karena apa ?

Karena tidak berpacu pada waktu , yups benar sekali. Sering kali kita tidak sabar ingin mempublish sesegera mungkin tulisan kita, padahal banyak sekali sebenarnya yang harus diperhatikan.

Seperti kerangka dari artikel, isi dari artikel, maupun sumber-sumber yang didapat.


Berikut beberapa kutipan para Blogger tentang menulis artikel tentunnya berkualitas :


Menurut panduanim.com

Konten berkualitas tidak hanya original, tetapi konten yang nilainnya paling tinggi “


Menurut klikmania.net

"Menulis konten atau artikel blog adalah kegiatan yang menyenangkan, khususnya bagi para blogger. Setelah mengetahui bagaimana cara menulis artikel melalui postingan ini, Anda mungkin sepakat dengan saya bahwa menulis tidaklah sesulit merakit sebuah pesawat luar angkasa"


Menurut vatih.com

Bukan rahasia lagi, kalau orang yang mampu menulis, biasanya juga suka membaca. Tak bisa lain. Selain ikhtiar belajar via artikel ini, kalau kamu mau memperkaya khazanah tulisan kamu, perbanyaklah baca!”


Menurut sugeng.id

Menulis artikel blog yang keren sebenarnya tidak sulit. Yang membuat sulit karena kita tidak terbiasa. Jadi biasakanlah menulis artikel di blog. Jangan suka Copy paste artikel Blogger Lain.”




Itu lah beberapa pendapat blogger yang biasa membuat artikel berkualitas, temen-temen bisa meliha contoh tulisan seo friendly dari mereka.

Sudah cukup kah ?

Kalo sudah cukup, ayo kita langsung ke Panduan menulis artikel seo friendly berkualitas.


Berikut beberapa hal yang akan kita bahas di dalam Konsep menulis artikel SEO Friendly :


  1. Pengertian Artikel
  2. Pengertian SEO Friendly
  3. Seberapa Penting SEO untuk Blog
  4. Menulis Artikel SEO Friendly
  5. Kesimpulan dan Penutup.


Langsung saja ke pemabahasan yang pertama.


1. Pengertian Artikel



Menurut Wikipedia Artikel merupakan karangan faktuan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk di publikasikan di media online maupun cetak ( seperti koran, majalah, buletin, dsb ) kalo kita biasa di publish ke blog. Artikel bertujuan untuk kita bisa menyampaikan gagasan dan fakta yang bisa meyakinkan , mendidik, dan menghibur.


Dari penjelasan tersebut saja sudah kita bisa tarik kesimpulan seperti apa artikel yang SEO Friendly atau berkualitas baik.


Pengertian Artikel berkualitas menurut beberapa ahli


Menurut Sumandiria

Artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan pembaca“


Menurut Al-Aqli

Artikel adalah tulisan yang ditulis sama seseorang atau orang-orang berilmu dengan pembahasan yang ditulis secara lengkap, lugas, dan tuntas sehingga yang membaca dapat menemukan inti dari karangan yang ditulis“


Menurut Rillan E. Wolseley

Artikel merupakan karangan tetulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur dan meyakinkan“




Dari beberapa ahli pun mempunyai arti yang hampir sama, artikel haruslah menyampaikan suatu gagasan yang berkonsep jelas dengan landasan yang bisa meyakinkan atau membuat orang percaya , sehingga akan mendidik bagi orang-orang yang belum mengetahui fakta atau informasi.


Bisa ditarik kesimpulan artikel adalah gagasan yang dituliskan berdasarkan gagasan dan fakta yang bisa membantu semua orang .

Dan Tujuan artikel yaitu memberikan karangan , gagasan atau tulisan yang di publish secara lengkap dan sesuai fakta yang bisa bermanfaat bagi orang yang membacannya.

Tidak hanya panjang, akan tetapi harus berisi ilmu-ilmu yang mana ketika dibaca mendapatkan manfaat.


2. Pengertian SEO



Search Engine Optimization atau yang biasa kita sebut dengan SEO merupakan suatu proses yang bisa kita lakukan secara sistematis untuk membuat website yang kita kelola bisa berkualitas di mata mesin pencarian sehingga akan mengningkatkan pengunjung , traffic yang akan menuju website/blog yang kita kelola.

Tujuan kita mengoptimasi SEO sendiri yaitu untuk membuat website yang kita kelola bisa berada pada posisi teratas, sehingga website yang kita kelola akan muncul di halaman pertama Search Engine.

Yang mana ketika website kita sudah mudah dibaca oleh Search Engine dan berada di halaman pertama, otomatis traffic akan berbondong-bondong datang ke website yang kita kelola.
Sehingga kita tidak heran, jika banyak orang yang ingin memperebutkan posisi tersebut dengan mengoptimasi SEO.

Ada orang yang mengoptimasi nya sendiri, ada juga orang yang menggunakan Jasa SEO untuk meningkatkan kualitas websitenya.


SEO sendiri bisa ditarik kesimpulan terbagi menjadi 2 jenis.

Yaitu SEO On Page dan SEO Off page


  • SEO On Page : Merupakan strategi SEO yang bisa kita lakukan di blog yang kita kelola, ketika kita mengoptimasi website yang kita kelola maka akan mempengaruhi kualias website kita di mata mesin pencarian. Bisa diartikan SEO On Page adalah mengoptimasi website dari dalam
  • SEO Of Page : Merupakan strategi SEO yang bisa kita lakukan di luar blog atau website yang bisa kita kelola. Sipemilik website atau blog harus mengoptimasi situsnya dari luar untuk mendapatkan peringkat dari Search Engine. Seperti Building Link.


Nah untuk Menulis artikel berkualitas masuknya ke optimasi website dari dalam.
Atau yang disebut SEO On Page.


3. Seberapa Penting SEO Untuk Website/Blog



Beberapa manfaat penting SEO untuk website antara lain.


  • Membuat website berating tinggi oleh Search Engine.
  • Membuat website muncul pada halaman pertama di mesin pencarian.
  • Bisa membidik Keyword yang relevan di mesin pencarian.
  • Menghasilkan website yang berkualitas di mata pembaca.
  • Akan menaikan Traffic dari website/blog yang kita kelola.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan , ketika kita mengoptimasi SEO untuk website . Baik menggunakan SEO On Page maupun Of Page.


Nah sekarang ke pokok pembahasan nya .


Cara menulis artikel seo Friendly sehingga akan membuat website kita mudah dibaca dan dipahami.


Cara Membuat Artikel Seo Friendly



4. Menulis Artikel SEO Friendly



Menulis artikel SEO sebenarnya hampir sama dengan menulis artikel seperti biasanya, namun untuk membuat dan menghasilkan artikel yang berkualitas , harus di optimasi sedemikian mungkin, baik dari Keyword, Judul , Isi, dan beberapa hal lagi.

Sehingga ketika semua itu terpenuhi, maka akan terciptalah sebuah artikel yang berkualitas baik.
Ketika sudah mahir membuat artikel .

Kalian bisa menjadi Freelance writer, atau menyediakan jasa menulis artikel.
Lumayan loh untuk menambah penghasilan.

Ada beberapa artikel yang pernah saya beli dengan 700 kata, itu dihargai Rp.21.000,- per artikelnya. Lumayan bukan ?


Bayangkan saja jika orang memesan artikel dengan beberapa kata lainnya dengan harga yang berbeda.

Namun untuk menjadi content Writer , kalian harus mempunyai skill yang mumpuni dengan ilmu yang dimiliki, hal tersebut akan membuat orang mempercayai kalian dalam menggarap artikel yang mereka pesan.


Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat artikel seo.


4.1 Mencari Keyword yang tepat.



Ketika kalian membuat artikel, tentunnya harus mempunyai Keyword dari artikel yang akan kita buat.

Mencari Keyword sangatlah penting ketika membuat artikel.

Jangan sampai tidak mempunyai Keyword yang tertarget, karena hasilnya tidak akan bagus untuk artikel yang kalian buat.

Cobalah cari Keyword yang relevan dengan artikel yang akan kalian buat. Sehingga membuat artikel yang dibuat kebanjiran Traffic.


Kalian bisa gunakan beberapa alat bantu seperti :


  • UberSuggest
  • Manfaatkan Google Trends
  • KWFinder
  • Manfaatkan penelusuran terkait yang biasa ada dibawah sekali ketika kita mencari di Search Google.
  • Google Suggest Di Searh Google.
  • Keyword Tool Io
  • Dan masih banyak lagi.


Itulah beberapa alat yang bisa membantu kita untuk mencari Keyword yang relevan dan berkualitas, untuk cara menggunakannya kalian bisa cari di google.


4.2 Menentukan Judul Artikel




Menentukan judul artikel membutuhkan ketelatenan dan kejernihan.

Dikarenakan ketika akan menentukan Judul dari artikel yang akan kita buat, kita akan menggabungkan antara Keyword yang sudah kita cari dengan kata-kata lain.

Salah satu SEO On Page yang bisa kita terapkan di Artikel yaitu dengan menentukan judul.


Contoh :


  • Keyword Kalian : Membangun Website
  • Judul : Lengkap Panduan Membangun Website Berkualitas.


Beberapa hal yang bisa diperhatikan ketika membuat judul artikel, usahakan Keyword yang dicari atau ditarget muncul pada Judul artikel.

Buatlah Judul dengan Jumlah persaingan seminimal mungkin, kecuali DA PA blog kalian sudah tinggi. Mau judul tidak berisi Keyword pun, saya rasa tidak masalah.

Buatlah judul semenarik mungkin, yang ketika di publish membuat orang tertarik untuk membaca artikel yang sudah kalian tulis.


Saya rasa itu beberapa tips untuk menentukan judul ketika akan menulis artikel.


4.3 Tentukan URL




Nah untuk menentukan artikel ini sebenarnya banyak sekali pendapat, ada yang mengatakan url yang lengkap itu bagus , namun banyak juga yang mengatakan semakin pendek url semakin bagus.

Saya lebih condong ke yang pendek.

Mengapa ?

Karena menurut saya , ketika menentukan URL dengan singkat dan Simple, membuat orang lebih mudah mengartikan.

Kalian cukup membuat URL sesuai dengan Keyword yang sudah dibidik.


Contoh :


  • Keyword : Membangun Website


Itu merupakan contoh menentukan URL artikel .


4.4 Jumlah Kata




Isi dalam artikel , Jumlah kata di dalam artikel yang menarik dan panjang bisa menjadi indikator dalam penilaian mesin pencarian atau Search Engine. Jumlah kata bisa menentukan artikel itu berkualitas atau tidak nya.

Menurut saya , Artikel dengan jumlah kata yang banyak kemungkinan lebih lengkap jika dibandingkan dengan artikel yang jumlah kata nya lebih sedikit.

Hal inilah yang mempengaruhi Search Engine.

Google sangat senang dengan artikel yang fresh dan artikel terbaharui, apalagi lengkap dan bermanfaat dengan pembahasan yang sangat-sangat detail sehingga tidak membuat orang beralih ke website/blog lain untuk menggalih informasi.

Namun standartnya kalo bisa , untuk jumlah kata di dalam artikel minimal harus 400 Kata atau lebih, sehingga akan meningkatkan kualitas dari artikel yang dibuat , membuat artikel tersebut berkualitas dimata Search Engine.

Namun untuk membuat tulisan yang panjang, harus juga memperhatikan User Experience ( pengalaman si pembaca ) karena percuma membuat artikel dengan jumlah kata yang banyak , namun tidak ada isi dan manfaatnya.

Jadi menurut saya Jumlah kata juga menjadi indikator artikel SEO Friendly.

4.5 Tempat Keyword Terbaik




Untuk penempatan Keyword dalam menulis artikel banyak sekali pendapat, namun saya akan merangkun dimana saja tempat terbaik untuk menempatkan kata kunci atau KW pada artikel yang kita buat.



  • Tempatkan Keyword Di Judul Artikel dan Meta Title.
  • Masukan Keyword di struktur URL Blog.
  • Optimasi Keyword di Description Artikel.
  • Masukan Keyword ketika mengoptimasi gambar atau nama file.
  • Masukan Keyword ketika membuat Inbound Link.
  • Tempatkan Keyword di isi Artikelnya.



Itulah tempat terbaik untuk kalian ketika membuat artikel SEO Friendly yang berkualitas baik.



4.6 Kepadatan Kata Kunci Artikel ( Keyword Density )



Kepadatan kata kunci atau Keyword Density sendiri merupaka salah satu faktor yang mempengaruhi artikel yang dibuat berkualitas SEO Friendly atau tidak nya di mata Search Engine. 

Kepadatan kata di dalam artikel sendiri merupakan presentase perbandingan antara Isi artikel dengan Keyword yang muncul di dalam artikel tersebut.
Contoh:


Jika didalam artikel ada 1000 kata, dan di dalam isi artikel tersebut ada 10 jumlah Keyword yang dibidik, maka dipresentasikan isi keyword nya 1% dari isi artikel .


Berapa sih jumlah Keyword yang baik dalam satu artikel ?
Untuk hal ini senndiri sebenarnya tidak ada aturan yang pasti.

Namun setalah saya perhatikan, cobalah untuk menempatkan Keyword di dalam artikel dengan baik dan pas.


Lagi-lagi kenyamanan si pembaca harus diperhatikan, dengan tidak menspam jumlah keyword di dalam artike.


Yang ada artikel yang kita buat, tidak akan berkualitas.

Padahal yang kita inginkan yaitu membuat artikel seo .


4.7 Perhatikan SUBHEADING




Subheading merupakan judul kecil didalam artikel, yang membagi antara satu pembahasan ke pembahasan lainnya.

Walaupun tidak terlalu menarik, namun SUBHEADING sangatlah berperan besar untuk pembaca bisa memahami alur dari artikel yang sudah kita tulis.



Subheading membuat pembaca tertarik untuk terus membaca artikel yang sudah ditulis.

Subheading sendiri berfungsi intuk menonjolkan bahasan satu ke pembahasan lainnya, membuat pembaca lebih mudah memahami alur artikel, membuat pembacara penasaran untuk terus membaca artikel, menentukan poin-poin pokok pembahasan.




4.8 Optimasi Link Internal maupun Link Eksternal di Dalam Artikel




Untuk membuat artikel seo kita harus mengatur atau mengoptimasi Link Internal maupun eksternal di artikel yang sudah kita tulis.

Link internal sendiri adalah link yang ada pada blog atau website yang sama yang kita tempatkan di dalam pokok pembahasan artikel .

Untuk Link Eksternal adalah link yang mengarah ke link website/blog lain.



Lalu apa fungsi dan tujuan Link Internal dan Link Eksternal ?



Tujuan nya tidak lain tidak bukan untuk memberikan pembaca pemahaman lebih lanjut dari kata yang sudah kita tempatkan di artikel . 

Sehingga pembaca bisa mencari sendiri arti dari kata tersebut dengan lebih lengkap dan jelas.






4.9 Optimasi Gambar Di Dalam Blog/Website




Artikel akan tampak menarik ketika ada Gambar di dalamnya, bertujuan agar pembaca tidak bosan ketika membaca bahasan didalam artikel yang sudah ditulis.

Dari gambar juga kita bisa mengoptimasi SEO On Page.

Salah satu penunjang artikel berkualitas.

Cara Optimasi gambar di dalam artikel :



  • Cobalah untuk membuat nama File dan Alt Text gambar sesuai dengan Keyword yang sudah dicari.
  • Compress ukuran gambar yang sudah diplih, sehingga tidak mempengaruhi loading Blog/website yang kalian kelola.



Dua hal tersebut bisa dilakukan ketika akan mengoptimasi gambar di dalam artikel .






Kesimpulan dan Penutup




Langkah – langkah yang sudah saya jabarkan diatas bisa diterapkan ketika kalian akan menulis artikel seo friendly, Cobalah untuk memperhatikan lebih baik langkah demi langkah yang sudah dibahas, jika hasilnya maksimal , bukan tidak mungkin artikel yang sudah ditulis masuk ke Halaman pertama Search Engine.



Hindari Keyword yang tidak relevan, hindari judul artikel yang tidak tertarget, manfaatkanlah bahasan diatas sebaik mungkin. Semoga usaha yang dibuat tidak akan menghianati hasil.



Demikianlah cara menulis artikel dengan baik dan benar sesuai dengan panduan yang lengkap dan jelas baik dari segi SEO Friendly maupun Experience user.




Tidak ada komentar untuk "[LENGKAP] Konsep Menulis Artikel SEO Friendly"