Sejarah Teknologi: Perkembangan Di Teknologi Dari Masa Ke Masa

Siapa yang tidak tahu sekarang ini dengan namanya Teknologi, saya rasa sudah lumrah sekali dengan namanya apa itu Teknologi, hanya segelintir orang yang tidak mengetahui apa itu Teknologi.

Benda-benda disekitar kita pun yang biasa kita pakai sehari-hari itu semua teknologi seperti TV , SmartPhone, Laptop, Komputer, Mobil, dan Motor saya kira masih banyak lagi.

Coba bayangkan jika sampai sekarang belum ada namannya Smartphone, mungkin sampai dengan saat ini kita masih menggunakan surat-menyurat dalam menyampaikan pesan ke orang lain, walaupun untuk surat-menyurat sekarang pun sudah di perbaharui dengan Teknologi , Contohnya saja dulu Yahoo Mail, dan sekarang Gmail keluaran Google. 

Teknologi memang mempermudah kita dalam hal apapun,

Seperti sekarang Motor, Mobil, Pesawat, Kapal laut dll.

Tidak bisa dibayangkan jika sampai sekarang Teknologi-teknologi tersebut belum ditemukan, mungkin Dunia tidak secanggih seperti sekarang ini. Bagaimana kita mau keluar negeri jika pesawat terbang belum ada ? Bagaimana kita berhubungan dengan orang luar jika Ponsel belum ada ? 

Namun apa kalian lupa ? dan tidak tahu, bahwa Teknologi yang super canggih pada saat ini, tidak lepas dari peran nenek moyang kita terdahulu yang terlebih dahulu menemukan Teknologi, Dari manfaat teknologi, Kegunaan Teknologi itu sendiri.

Dengan ini saya coba memaparkan terkait apa itu Teknologi, Perkembangan teknologi dari masa ke mas, manfaat dari teknologi itu sendiri, bagaimana berkembangnya teknologi hingga saat ini, semoga artikel ini bisa membantu kita semua untuk mengingat perkembang Teknologi yang tidak lepas dari zaman prasejarah.

List yang saya coba bahas :

  • Pengertian Teknologi 
  • Definisi Teknologi
  • Sejarah Teknologi
  • Dampak Positif dan Negatif  Teknologi
  • Jenis dan Macam Teknologi *Manfaat

Selamat membaca...


Sejarah Teknologi : Perkembangan Dari Teknologi Dari Masa Ke Masa
Sejarah Teknologi : Perkembangan Dari Teknologi Dari Masa Ke Masa



PENGERTIAN TEKNOLOGI

Teknologi sendiri seperti yang saya baca dan saya kutip dari Wikipedia adalah " Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlakukan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Istilah dari teknologi dari masa ke masa pun berubah, secara signifikan kurang lebih dari 200 tahun terakhir ini.

Sebenarnya istilah teknologi belum lazim atau tidak lazim dalam bahasa Inggris di Abad ke 20, teknologi sendiri pada waktu itu dirujuk atau biasannya ada pada penggambaran atau pengkajian seni terapan.

Untuk istilah Teknologi sendiri mulai merebak atau mulau Populer pada permulaan awal abad ke 20 dengan istilah Technology. Merujuk dari berapa bahasa dari teknik menjadi Technology, walaupun keduanya sama-sama Teknologi.

Para sarjana sendiri memberikan beberapa definisi mereka, menurut Kamus Merriam-Webster memberikan definisi "technology" dengan definisi " The practical application of knowledge especially in a particular area " atau dengan arti ( Terapan Praktir Pengetahuan ). Untuk Definisi ini sendiri saya akan bahas lengkap di bawah.


DEFINISI TEKNOLOGI

Definisi sendiri ialah perkembangan terbaharui yang mana sumber daya alam yang ada di dunia ini menjadi berbagai macam alat-alat sederhana sehingga membantu kehidupan manusia.

Dari penemuan prasejarah sendiri kemampuan teknologi sudah bisa kita ketahui orang zaman dahulu yang telah bisa menciptakan api, sehingga bisa menaikan ketersediaan berbagai macam keperluan pada waktu itu. 

Perkembangan teknologi sendiri telah memperkecil dari berbagai hambatan yang semula jadi susah menjadi mudah , contoh nya saja Teknologi komunikasi, mulut kita juga sebenarnya teknologi , yang membuat kita bisa berinteraksi dengan seseorang secara langsung atau dengan makhluk hidup lainnya.

DEFINISI TEKNOLOGI MENURUT PARA AHLI :

Berikut ini saya kutip dari beberapa sumber Definisi Teknologi menurut para ahli , saya akan cantumkan Lima saja , karena masih banyak sekali Definisi yang tidak bisa saya cantumkan disini. Untuk sumber yang saya kutip sendiri saya akan taruhkan link nya di postingan ini.



Poerbahawadja Harahap sendiri menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.


2. Nasibit

Dari Nasibit sendiri menjelaskan, mengatakan bahwa teknologi adalah sebuah benda dan juga sekaligus obyek berikut bahan dan wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.


3. Miarso (2007)

Pendapat lainnya mengenai pengertian teknologi diungkapkan oleh Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.


4. Read Bain (1937)

Pada tahun 1937, muncullah pendapat lainnya mengenai teknologi. Pendapat ini dicetuskan oleh seorang sosiolog yang berasal dari Amerika, bernama Read Bain. Bain (1937) mengatakan bahwa teknologi pada dasarnya meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia dapat menghasilkan semua itu.


5. Ursula Franklin (1989)

Seoarang ilmuwan lainnya, yaitu Ursula Franklin memberikan definisi atau pengertian dari teknologi yang lainnya. Franklin (1989) mengatakan pendapatnya mengenai teknologi sebagai suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat segala sesuatu yang berada di sekita sini.

Pengertian ini merujuk pada penggunaan teknologi yang merupakan seluruh benda yang dibuat oleh manusia, dimana setiap orang bisa saja membuat dan juga mengembangkannya apabila mempelajarinya dengan baik dan dapat menerapkannya secara praktis.


SEJARAH TEKNOLOGI


1. Teknologi di Masa Prasejarah


Meskipun pada zaman atau masa Prasejarah nenek moyang kita belum mengenal apa itu teknologi, pengertian teknologi pun saya rasa mereka tidak tahu heheh.

Namun manusia zaman prasejarah sebenarnya sudah mengenal apa itu Teknologi, mereka memulai berkomunikasi dengan cara mereka sendiri yaitu dengan meninggalkan suatu gambar-gambar yang biasa ditulis di dinding-dinding Goa.

Seperti coretan-coretan seperti di mesir dll.

Dan berkembang dan terus berkembang , mereka coba berkomunikasi menggunakan teknologi yang ada di tubuh mereka , dari mulut, mata, telinga dll.

Sehingga mereka bisa menciptakan alat-alat seperti Pentungan yang terbuat dari tanduk hewan, pisau yang terbuat dari cakar hewan, dan mereka bisa menciptakan api sendiri.


2. Teknologi di Masa Pasca Prasejarah

Pada masa prasejarah tentu teknologi sebenarnya sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat, dan sehingga pada masa pasca Prasejarah ini diketahui.

Bangsa Mesir kuno diketahui telah menggunakan atau menciptakan teknologi berupa hurup heiroglyph yang berupa simbol-simbol untuk mewakili antara mereka ketika berbicara atau mengungkapkan sesuatu pada tahun 2900 SM.

Pada tahun 500 SM ditemukan nya media kertas yang pertama kali digunakan dan diterapkan dibuat dengan tumbuhan papyrus.

dan pada saat di tahun 500 SM juga bangsa cina sudah menemukan kertas yang bisa kita gunakan hingga sampai pada saat ini.


3. Teknologi di Zaman Modern

Pada 2020, fase baru muncul di mana perluasan teknologi menjadi manifestasi ide yang memiliki dampak besar. Pada fase ini, kecerdasan buatan dan deep learning menjadi lebih baik, teknologi mulai 'mengerti' apa yang manusia inginkan baik secara konteks.

"Asisten virtual, chatbots, akan lebih mengambil peran pada fase ini. Pengakses teknologi disini akan mengantisipasi dampak yang terjadi, mereka harus terbiasa dengan penggunaan assiten virtual dan chatbots," 



DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TEKNOLOGI


Dampak dari perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini, ada dampak postifi dan negatif nya buat kita sendiri maupun orang lain , antara lain yaitu :


DAMPAK POSTIF


1. MENAMBAH PENGETAHUAN

Seiring berjalannya perkembangan teknologi sampai saat ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa Teknologi sendiri bisa menambah wawasan pengetahuan , sekarang ini kita bisa mencari informasi melalui Internet, banyak sekali Informasi yang bisa kita dapatkan di Internet.

Pelajar juga bisa mempelajari tugas mereka melalui Internet, Mahasiswa yang lagi menyusun skripsi bisa mencari refrensi di Internet.


2. MENJADI MEDIA KOMUNIKASI

Teknologi juga bisa menjadi media Komunikasi , perkembangan teknologi yang sangat pesat ini membuat beragam aplikasi yang bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan dunia luar, Seperti Facebook, Twitter dll. 

Dengan aplikasi tersebut kita bisa berbincang bincang dengan seseorang hanya dengan melalui ponsel, Laptop, dan komputer mereka.


3. TRANSPORTASI

Dengan berkembangnya teknologi, pengetahuan , dll . Hingga saat ini kita bisa merasakan manfaat yang sangat besar dari perkembangan teknologi ini, seperti yang sudah saya jabarkan di awal mula tulisan ini.

Transportasi sendiri sangat bermanfaat untuk kita berkunjung ke suatu tempat ketempat lainnya, perkembangan nya pun hingga sekarang sudah sangat pesat, bahkan sekarang sudah ada mobil tanpa sopir, dan pesawat tanpa awak yang membuat mudah urusan manusia.




DAMPAK NEGATIF 


Walaupun banyak sekali dampak Positif dari perkembangan teknologi , namun tidak bisa kita pungkiri semakin pesat nya perkembangan teknologi ini , juga bisa menjadi hal yang negatif bila disalah gunakan.


1. MEMBUAT INDIVIDU JADI MALAS
2. KONTEN NEGATIF YANG BERKEMBANG PESAT
3. CYBER BULLYNG
4. KONTEN NEGATIF



JENIS DAN MACAM-MACAM TEKNOLOGI

Berdasarkan dari kegunaannya, teknologi banyak sekali macam-macam dan jenisnya, antara lain ada beberapa yang saya jabarkan dibawah ini, lalu apa saja jenisa dan macam-macam Teknologi tersebut ? Langsung saja Simak.



1. TEKNOLOGI TRANSPORTASI

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang bisa kita gunakan untuk berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lainnya , contoh nya adalah motor, mobil, pesawat terbang dan kapal.


2. TEKNOLOGI PRODUKSI

Teknologi produksi adalah teknologi yang dibuat atau diciptakan untuk memproduksi atau membuat suatu barang dengan bantuan mesin.

3. TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Teknologi Komunikasi yaitu teknologi yang bisa kita gunakan untuk bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya, seperti koran , facebook, dan WhatsApp itu semua merupakan teknologi Komunikasi, yang sampai saat ini pun masih kita gunakan.

4. TEKNOLOGI KONTRUKSI

Teknologi Kontruksi adalah teknologi berupa peralatan yang biasa digunakan untuk membangun sesuatu, coba bayangkan ketika kalian mau menyeberangi sungai atau lautan yang luas, akan tetapi belum ada Jembatan, nah Jembatan itu merupakan hasil dari Teknologi Kontruksi itu sendiri, yang membuat kalian bisa menyeberangi suatu sungai.



Demikianlah ulasan perkembangan teknologi dari masa ke masa , baik dari pengertian , definisi, dampak , dan jenis-jenis dari Teknologi itu sendiri, Semoga dengan tulisan ini bisa menambah wawasan kita semua .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Teknologi: Perkembangan Di Teknologi Dari Masa Ke Masa"

Posting Komentar